Selasa, 01 Juni 2010

USG ABDOMEN


Definisi

teknologi USG memungkinkan dokter untuk "melihat"
di dalam pasien tanpa menggunakan operasi. pemancar A mengirim gelombang suara frekuensi tinggi ke dalam tubuh, di mana mereka terpental jaringan yang berbeda dan organ untuk menghasilkan pola yang khas dari gema. Sebuah penerima "Mendengar" yang kembali gema pola dan diajukan ke komputer, yang menerjemahkan data ke dalam sebuah gambar pada layar televisi. Karena USG dapat membedakan variasi halus antara lunak, jaringan cairan yang dipenuhi, maka terutama bermanfaat dalam menyediakan gambar diagnostik dari perut. USG juga dapat digunakan dalam pengobatan.

Tujuan

Faktor medis potensi aplikasi USG pertama kali diakui pada tahun 1940-an sebagai hasil dari
teknologi sonar dikembangkan untuk mendeteksi kapal selam selama Perang Dunia II. Gambar pertama medis yang berguna diproduksi di awal 1950-an, dan, pada 1965, kualitas USG telah meningkatkan ke titik yang datang ke umum medis digunakan. Perbaikan dalam teknologi, aplikasi, dan interpretasi USG terus. Its rendah biaya, fleksibilitas, keamanan dan kecepatan telah membawanya ke laci atas teknik pencitraan medis.


Sementara USG panggul secara luas dikenal dan umumnya digunakan untuk memantau janin selama kehamilan, USG juga secara rutin digunakan untuk umum perut pencitraan. Hal ini memiliki keuntungan besar atas x-ray imaging teknologi dalam bahwa hal itu tidak merusak jaringan dengan pengion radiasi. USG juga umumnya jauh lebih baik daripada sinar x polos di membedakan variasi halus lembut struktur jaringan, dan dapat digunakan dalam beberapa mode, tergantung pada kebutuhan di tangan.

Sebagai alat pencitraan ultrasound, perut umumnya digunakan untuk pasien yang menderita: sakit perut akut atau kronis, trauma perut, Massa abdomen; gejala penyakit hati, penyakit pankreas , batu empedu, penyakit limpa, penyakit ginjal dan penyumbatan kemih, atau gejala dari perut aneurisma aorta. Secara spesifik:

  • Sakit perut
  • Trauma abdomen
  • Massa abdomen
  • Penyakit hati
  • Penyakit pankreas.
  • Batu empedu
  • Penyakit limpa
  • Penyakit ginjal
  • Aneurisma aorta perut
USG teknologi ini juga dapat digunakan untuk pengobatan tujuan, yang paling sering sebagai bantuan visual selama bedah seperti prosedur-pedoman penempatan jarum untuk mengalirkan cairan dari kista, atau untuk mengekstrak sel-sel tumor untuk biopsi. Semakin, terapi aplikasi langsung untuk USG sedang dikembangkan.

Intensitas tinggi USG digunakan secara rutin untuk mengobati cedera jaringan lunak, seperti strain, air mata dan yang terkait jaringan parut. Pemanasan dan agitasi dipercaya untuk mempromosikan penyembuhan cepat melalui sirkulasi meningkat. Sangat terfokus, tinggi intensitas, frekuensi tinggi ultrasound dapat juga digunakan untuk menghancurkan secara fisik jenis tertentu tumor, serta batu empedu dan jenis lainnya bate. Mengembangkan aplikasi pengobatan baru untuk USG area aktif penelitian medis.

Precautions

Jika Benar dilakukan, pencitraan USG hampir tanpa risiko atau efek samping. Beberapa pasien melaporkan perasaan sebuah geli sedikit dan / atau kehangatan saat discan, tapi yang paling merasakan apa-apa. USG gelombang yang tepat frekuensi dan intensitas yang tidak diketahui menyebabkan atau memperburuk berbagai kondisi medis, meskipun wanita mana pun yang
berpikir ia mungkin hamil harus mengangkat masalah itu dengan dia dokter sebelum menjalani USG abdomen.

Descriptions

USG mencakup semua gelombang suara di atas frekuensi manusia-hertz mendengar sekitar 20 ribu, atau siklus per detik. USG umumnya menggunakan frekuensi Medis antara satu dan 10 juta hertz (1-10 MHz). USG gelombang frekuensi yang lebih tinggi menghasilkan lebih banyak gambar rinci, tetapi juga lebih mudah diserap dan sehingga tidak dapat menembus sedalam ke dalam tubuh. Perut pencitraan USG umumnya dilakukan pada frekuensi antara 2-5 MHz.

Sebuah mesin ultrasound terdiri dari dua bagian: transduser dan analyzer tersebut. transduser Kedua menghasilkan gelombang suara yang menembus tubuh dan menerima tercermin gema. Transduser dibangun sekitar piezoelektrik keramik chip. (Piezoelectric mengacu pada listrik yang dihasilkan ketika Anda menekan kristal tertentu seperti kuarsa). Keramik chip ini bereaksi terhadap pulsa listrik dengan memproduksi gelombang suara (mereka transmisi gelombang) dan bereaksi terhadap gelombang suara dengan menghasilkan listrik pulsa (menerima). Semburan listrik frekuensi tinggi pulsa dipasok ke transduser penyebab itu untuk memproduksi pemindaian gelombang suara. transduser kemudian menerima kembali gema, berarti mereka kembali ke pulsa listrik dan mengirimkannya ke komputer-analyzer yang menyelenggarakan data ke dalam sebuah gambar pada layar televisi.

Karena gelombang suara perjalanan seluruh tubuh jaringan di hampir sama kecepatan-sekitar 3.400 mil per jam-the mikrodetik diperlukan untuk setiap echo untuk dapat diterima diplot pada layar sebagai jarak ke dalam tubuh. Kekuatan relatif dari masing-masing echo, fungsi dari jaringan khusus atau organ yang menghasilkan batas itu, dapat diplot sebagai titik kecerahan yang bervariasi. Dengan cara ini, gema dijabarkan ke dalam gambar. Dikelilingi jaringan oleh tulang atau diisi dengan gas (perut, usus dan usus) tidak dapat dicitrakan dengan menggunakan ultrasound, karena gelombang diblokir atau menjadi secara acak.

Empat modus yang berbeda dari USG digunakan dalam medis imaging:

  1. A-Mode. Ini adalah jenis yang paling sederhana USG di mana suatu transduser tunggal line scan melalui tubuh dengan gema diplot di layar sebagai fungsi mendalam. Metode ini digunakan untuk mengukur jarak dalam tubuh dan ukuran organ internal. Terapeutik USG ditujukan pada tumor tertentu atau kalkulus juga Sebuah mode-, untuk memungkinkan untuk menentukan fokus yang akurat dari merusak energi gelombang.
  2. B-mode. Dalam B-mode ultrasound, sebuah array linier dari transduser scan secara bersamaan pesawat melalui tubuh yang dapat dilihat sebagai gambar dua dimensi pada layar. Ultrasound probe yang mengandung lebih dari 100 Transduser dalam bentuk urutan dasar ini paling umum digunakan scanner, dengan biaya sekitar $ 50.000.
  3. M-Mode. M singkatan dari gerak. Urutan cepat scan B-mode yang gambar saling mengikuti urutan pada layar memungkinkan dokter untuk melihat dan mengukur berbagai gerakan, sebagai batas organ yang refleksi memproduksi bergerak relatif terhadap probe
  4. Doppler mode. ultrasonografi Doppler termasuk kemampuan secara akurat mengukur kecepatan bergerak materi, seperti darah dalam arteri dan vena. Prinsip adalah sama dengan yang digunakan dalam senjata radar yang mengukur kecepatan mobil di jalan raya. kemampuan Doppler adalah paling sering dikombinasikan dengan B-mode pemindaian untuk menghasilkan gambar pembuluh darah dari aliran darah yang dapat diukur secara langsung. Teknik ini digunakan secara luas untuk menyelidiki cacat katup, arteriosclerosis dan hipertensi, terutama dalam hati, tetapi juga di perut aorta dan vena portal hati. Harga sekitar $ 250.000.
Preparation
Seorang pasien menjalani USG perut akan disarankan oleh dokter mereka tentang apa yang diharapkan dan bagaimana untuk mempersiapkan. Sebagaimana disebutkan di atas, persiapan umumnya termasuk puasa dan tiba untuk prosedur dengan penuh kandung kemih, jika perlu. Persiapan ini terutama berguna jika kandung empedu, ovarium atau vena harus diperiksa.

Rehabilitasi
Secara umum, tidak ada rehabilitasi terkait dengan perut USG prosedur itu sendiri diperlukan

Risiko
USG perut disertai dengan tidak diakui risiko atau efek samping, jika benar dilakukan dengan tepat rentang frekuensi dan intensitas. Sensitif jaringan, khususnya orang-organ reproduksi, mungkin bisa mengalami kerusakan jika kekerasan digetarkan dengan terlalu intens USG gelombang. Secara umum meskipun, kerusakan tersebut akan hanya hasil dari penyalahgunaan peralatan.

Setiap perempuan yang dapat berpikir ia mungkin hamil harus mengangkat masalah ini dengan dokter sebelum menjalani USG perut, sebagai janin dalam tahap awal pembangunan bisa terluka dengan ultrasound dimaksudkan untuk probe sangat tersembunyi organ perut.

Hasil Normal
Sebagai suatu teknik pencitraan diagnostik, yang normal perut USG adalah salah satu yang menunjukkan tidak adanya menduga kondisi yang mendorong scan. Sebagai contoh, gejala seperti batuk terus-menerus, bernapas bekerja, dan nyeri perut bagian atas menyarankan kemungkinan, antara lain, suatu aneurisma aorta abdominal. Sebuah ultrasound scan yang menunjukkan tidak adanya suatu aneurisma akan mengabaikan kondisi ini mengancam kehidupan dan arahkan ke lainnya, kurang serius menyebabkan.


Hasil Abnormal
Karena pencitraan USG perut umumnya dilakukan untuk mengkonfirmasi kondisi diduga
hasil dari scan sering akan membuktikan abnormal-yang mereka akan mengkonfirmasikan diagnosis, baik itu batu ginjal, sirosis hati atau aneurisma aorta. Pada saat itu, sesuai perawatan medis yang diresepkan oleh dokter pasien dalam ketertiban. Lihat penyakit yang relevan dan catatan gangguan di ensiklopedia untuk informasi lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar